Rabu, 19 Februari 2014

Profil Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN MALIKI)



Alamat: Jl. Gajayana No. 50, Malang 65144
Telepon: 0341-551354
Fax: 0341-572533
Website: www.uin-malang.ac.id
Blog: alumniuinmlg.blogspot.com
Twitter: @InfoUINMlg atau @UINMaliki
Facebook:
Universitas Islam Negeri (UIN) Malang
Alumni UIN Malang / Maulana Malik Ibrahim (MALIKI) 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan Universitas Islam Negeri Malang ini terletak di Jalan Gajayana 50 Malang, Ngalamers. Tadinya, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini masih berupa sebuah Fakultas Tarbiyah cabang dari IAIN Sunan Ampel Surabaya pada tahun 1961. Kemudian pada pertengahan 1997, statusnya berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malang. Sampai akhirnya pada tanggal 21 Juni 2004, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang diresmikan berdasar Surat Keputusan Presiden No. 50.
Universitas Islam Negeri ini memiliki ciri khusus sebagai implikasi dari model pengembangan keilmuannya, yakni keharusan seluruh bagi anggota sivitas akademika menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris, Ngalamers. Melalui bahasa Arab, diharapkan mereka mampu melakukan kajian Islam melalui sumber aslinya yaitu Al-Qur'an dan Hadits. Sementara melalui bahasa Inggris, mereka diharapkan bisa mengkaji ilmu-ilmu umum dan modern, selain sebagai piranti komunikasi global. Oleh karena itu, tak usah heran jika UIN dijuluki sebagai "Bilingual University".
Visi:
Menjadi universitas Islam terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional, dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bercirikan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.
Misi:
  • Mengantarkan mahasiswa memiliki kekokohan akidah dan kedalaman spiritual, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  • Memberikan pelayanan dan penghargaan kepada penggali ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni yang bercirikan Islam.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pengkajian dan penelitian ilmiah.
  • Menjunjung tinggi, mengamalkan, dan memberikan keteladanan dalam kehidupan atas dasar nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa Indonesia.
Tujuan:
  • Menyiapkan mahasiswa agar menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkann, mengembangkan, dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya yang bercirikan Islam.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya yang bercirikan Islam, dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
Untuk mencapai visi itulah, UIN juga mengembangkan ma'had atau pesantren kampus dimana seluruh mahasiswa tahun pertama harus tinggal di ma'had. Pendidikan di perguruan tinggi ini sendiri merupakan sintesis antara tradisi universitas dan ma'had atau pesantren, Ngalamers. Melalui model pendidikan itulah, diharapkan akan lahir lulusan yang berpredikat ulama yang intelek profesional atau intelek profesional yang ulama. Ciri utama sosok lulusan demikianlah yang diharapkan bisa menguasai disiplin ilmu masing-masing sesuai pilihannya, dan juga menguasai Al-Qur'an dan Hadits sebagai sumber ajaran Islam.
Fakultas dan Program Studi:
1. Fakultas Humaniora dan Budaya
Bahasa dan Sastra Arab
Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan Bahasa Arab
2. Fakultas Ekonomi
Manajemen
3. Fakultas Psikologi
4. Fakultas Tarbiyah
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
5. Fakultas Syari'ah
Al-Ahwal al-Syakhshiyah
Hukum Bisnis Syariah
6. Fakultas Sains dan Teknologi
Matematika
Biologi
Fisika
Kimia
Teknik Informatika
Teknik Arsitektur
7. Program Pasca Sarjana
Magister Manajemen Pendidikan Islam
Magister Pendidikan Bahasa Arab
Magister Studi Ilmu Agama Islam
Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
8. Program Doktor
Doktor Manajemen Pendidikan Islam
Doktor Pendidikan Bahasa Arab


Tidak ada komentar:

Posting Komentar